AMULTIPLE INTELLIGENCE (KECERDASAN GANDA)
No. | Jenis Kecerdasan | Kemampuan |
1. | Spasial-visual (cerdas ruang) | penyusunan puzzle, kemampuan membaca arah memahami grafik, bagan, dan peta membuat sketsa melukis menciptakan metáfora dan analogi visual memanipulasi gambar-gambar mendesain objek-objek praktis menginterpretasi gambar-gambar visual |
2. | Linguistik-verbal (cerdas kata) | mendengar berbicara menulis bercerita menjelaskan mengajar menggunakan humor memahami struktur dan makna kalimat mengingat informasi meyakinkan seseorang tentang argumentasinya |
3. | Interpersonal (cerdas sosial) | mampu melihat suatu permasalahan dari sudut pandang orang lain mau mendengarkan keluh kesah orang lain menggunakan empati memahami perasaan orang lain mampu bekerjasama dengan orang lain mengetahui maksud dan tujuan orang lain berkomunikasi baik secara verbal maupun non verbal membangun kepercayaan menyelesaikan suatu permasalahan secara damai membangun hubungan positif dengan orang lain. |
4. | Musikal-ritmik (cerdas irama) | bernyanyi bersiul memainkan alat-alat musik mengenal pola-pola nada menyusun musik mengingat melodi memahami struktur dan ritme musik. |
5. | Naturalisme (cerdas alam) | mampu membedakan spesies mampu mengenal dan mengklasifikasi hewan dan tumbuhan mengetahui dan sangat peduli dengan dunia alam mampu mengklasifikasi pola-pola dalam alam. |
6. | Jasmani-Kinestetik (cerdas fisik) | menari koodinasi fisik olahraga eksperimen praktis menggunakan bahasa tubuh akting menggunakan tangan untuk menciptakan atau membangun mengekspresikan emosi melalui tubuh |
7. | Intrapersonal (cerdas diri) | mampu menemukan kekuatan serta kelemahan diri sendiri merefleksi dan menganalisis diri kesadaran mengenal perasaan diri, keinginan, serta impian mengevaluasi pola-pola pemikiran diri memahami peran diri dalam hubungan dengan orang lain |
8. | Logis-matematika (cerdas angka) | pemecahan masalah pengelompokkan dan pengkategorian informasi bekerja dengan konsep-konsep abstrak untuk menjelaskan hubungan setiap bagiannya mampu melakukan penalaran yang panjang dan logis melakukan eksperimen yang terkontrol bertanya dan seringkali takjub dengan peristiwa-persitiwa alam dan dapat melakukan perhitungan matematis yang kompleks |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar