einstein

einstein
keren

Sabtu, 06 November 2010

RPP FISIKA ( DINAMIKA PARTIKEL )

Mata Pelajaran              : FISIKA
Materi Pokok                : Dinamika Partikel
Pertemuan / waktu         : Pertama / 2 x 45 menit
Metode                         : Ceramah dan diskusi

A.    Kompetensi Dasar
2.3  Menerapkan Hukum Newton sebagai prinsip dasar dinamika untuk gerak lurus, gerak vertikal, dan gerak melingkar beraturan.

B.    Indikator
o    Memberikan contoh penerapan hukum Newton dengan menggunakan berbagai media.
o    Melakukan percobaan yang berhubungan dengan hukum-hukum Newton.

C.    Materi Essensial
Formulasi Hukum-hukum Newton
o    Hukum I Newton (Hlm.156)

D.    Media Belajar
o    Buku FISIKA SMA Marthen Kanginan Kelas X Jilid 1A
o    Sebutir kelereng besar, selembar kertas, meja dengan permukaan kaca

E.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

1.     Pendahuluan
o    Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan


(5 menit)

2.     Kegiatan Inti
o    Memahami peta konsep dinamika partikel yang di dasarkan pada hukum Newton
o    Menjawab kemampuan prasyarat
o    Memahami hukum I Newton
o    Memahami persamaan matematis hukum I Newton S F = 0
o    Melakukan kegiatan 4.1 Hlm. 158
o    Melakukan kegiatan 4.2 Hlm. 159


(80 menit)

3.     Penutup
o    Memberikan kesimpulan bahwa hukum I Newton S F = 0 berlaku untuk benda diam atau benda bergerak lurus beraturan


(5 menit)

4.     Pekerjaan Rumah
o    Menjawab kuis Hlm. 160




Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Jakarta,         
Guru Mata Pelajaran



(                                          )










Mata Pelajaran              : FISIKA
Materi Pokok                : Dinamika Partikel
Pertemuan / waktu         : Kedua / 2 x 45 menit
Metode                         : Ceramah dan menjawab soal

A.    Kompetensi Dasar
2.3  Menerapkan Hukum Newton sebagai prinsip dasar dinamika untuk gerak lurus, gerak vertikal, dan gerak melingkar beraturan.

B.    Indikator
o    Memberikan contoh penerapan hukum Newton dengan menggunakan berbagai media.
o    Melakukan percobaan yang berhubungan dengan hukum-hukum Newton.

C.    Materi Essensial
Formulasi Hukum-hukum Newton                              – lanjutan –
o    Hukum II Newton (Hlm.160)

D.    Media Belajar
o    Buku FISIKA SMA Marthen Kanginan Kelas X Jilid 1A

E.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

  1. Pendahuluan
o    Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
o    Mengulang materi pertemuan sebelumnya


(5 menit)

  1. Kegiatan Inti
o    Menagih pekerjaan rumah
o    Memahami hukum II Newton
o    Memahami persamaan matematis hukum II Newton
o    Mengetahui satuan SI untuk gaya yaitu 1 N = 1 kg m/s2
o    Mempelajari contoh 4.1
o    Mengerjakan uji pemahaman no 1 dan 2 Hlm. 162
o    Mempelajario contoh 4.2
o    Mengerjakan uji pemahaman no 3 dan 4 Hlm. 164


(80 menit)

  1. Penutup
o    Memberikan kesimpulan bahwa hukum II Newton


(5 menit)

  1. Pekerjaan Rumah
o   




Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Jakarta,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )





Mata Pelajaran              : FISIKA
Materi Pokok                : Dinamika Partikel
Pertemuan / waktu         : Ketiga / 4 x 45 menit
Metode                         : Praktik dan menjawab soal

A.    Kompetensi Dasar
2.3  Menerapkan Hukum Newton sebagai prinsip dasar dinamika untuk gerak lurus, gerak vertikal, dan gerak melingkar beraturan.

B.    Indikator
o    Memberikan contoh penerapan hukum Newton dengan menggunakan berbagai media.
o    Melakukan percobaan yang berhubungan dengan hukum-hukum Newton.

C.    Materi Essensial
Formulasi Hukum-hukum Newton                              – lanjutan –
o    Hukum III Newton (Hlm.165)

D.    Media Belajar
o    Buku FISIKA SMA Marthen Kanginan Kelas X Jilid 1A
o    Sebuah balon mainan

E.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

  1. Pendahuluan
o    Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan


(5 menit)

  1. Kegiatan Inti
o    Memahami hukum III Newton
o    Memahami persamaan matematis hukum III Newton    aksi = reaksi
o    Memahami aplikasi hukum III Newton pada produk teknologi
o    Melakukan kegiatan 4.4 Hlm 167
o    Mempelajari contoh 4.5
o    Mengerjakan uji pemahaman no 5 dan 6 Hlm.170


(80 menit)

  1. Penutup
o    Memberikan kesimpulan bahwa untuk setiap aksi maka ada syuatu reaksi yang sama besar tapi berlawanan


(5 menit)

  1. Pekerjaan Rumah
o    Kegiatan 4.5 Hlm.169




Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Jakarta,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )










Mata Pelajaran              : FISIKA
Materi Pokok                : Dinamika Partikel
Pertemuan / waktu         : Keempat / 4 x 45 menit
Metode                         : Praktik dan menjawab soal

A.    Kompetensi Dasar
2.3  Menerapkan Hukum Newton sebagai prinsip dasar dinamika untuk gerak lurus, gerak vertikal, dan gerak melingkar beraturan.

B.    Indikator
o    Memberikan contoh penerapan hukum Newton dengan menggunakan berbagai media.
o    Melakukan percobaan yang berhubungan dengan hukum-hukum Newton.

C.    Materi Essensial
Formulasi Hukum-hukum Newton                              – lanjutan –
o    Hukum III Newton (Hlm.165)

D.    Media Belajar
o    Buku FISIKA SMA Marthen Kanginan Kelas X Jilid 1A
o    Pegas, dua balok kayu, seutas tali

E.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

  1. Pendahuluan
o    Menagih tugas pertemuan sebelumnya
o    Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan


(5 menit)

  1. Kegiatan Inti
o    Melakukan kegiatan 4.6 Hlm.171
o    Menjawab pertanyaan diskusi Hlm. 171
o    Mempelajari cara kerja sabuk pengaman dan kantung udara


(80 menit)

  1. Penutup
o    Memberikan kesimpulan bahwa aksi dan reaksi dapat saling meniadakan


(5 menit)

  1. Pekerjaan Rumah
o    Mempelajari materi Bab 2. mengenal berbagai jenis gaya




Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Jakarta,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )













Mata Pelajaran              : FISIKA
Materi Pokok                : Dinamika Partikel
Pertemuan / waktu         : Kelima / 2 x 45 menit
Metode                         : Ceramah dan praktek

A.    Kompetensi Dasar
2.3  Menerapkan Hukum Newton sebagai prinsip dasar dinamika untuk gerak lurus, gerak vertikal, dan gerak melingkar beraturan.

B.    Indikator
o    Melukiskan diagram gaya-gaya yang bekerja pada suatu benda.
o    Menjelaskan pengertian gaya berat dan gaya gesekan, serta contoh aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari.

C.    Materi Essensial
Mengenal Berbagai Jenis Gaya
o    Gaya Berat (Hlm.175)
o    Gaya Normal (Hlm.178)

D.    Media Belajar
o    Buku FISIKA SMA Marthen Kanginan Kelas X Jilid 1A

E.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

  1. Pendahuluan
o    Menagih tugas pertemuan sebelumnya
o    Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan


(5 menit)

  1. Kegiatan Inti
o    Memahami peta konsep dinamika partikel yang didasarkan pada gerak dan aspek penyebabnya
o    Memahami gaya berat
o    Memahami hubungan antara berat dan massa menggunakan hukum II Newton
S F = ma
w   = mg
o    Mempelajari contoh 4.4
o    Mengerjakan uji pemahaman no.7 Hlm. 178
o    Memahami gaya normal
o    Mempelajari contoh 4.5
o    Mengerjakan uji pemahaman no.8 Hlm. 180


(80 menit)

  1. Penutup
o    Memberikan kesimpulan
-   Gaya berat adalah gaya gravitasi bumi yang bekerja pada suatu benda
-   Gaya normal adalah gaya sentuh yang arahnya selalu tegak lurus pada bidang sentuh.


(5 menit)

  1. Pekerjaan Rumah
o   




Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Jakarta,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )

Mata Pelajaran              : FISIKA
Materi Pokok                : Dinamika Partikel
Pertemuan / waktu         : Keenam / 2 x 45 menit
Metode                         : Ceramah dan praktek

A.    Kompetensi Dasar
2.3  Menerapkan Hukum Newton sebagai prinsip dasar dinamika untuk gerak lurus, gerak vertikal, dan gerak melingkar beraturan.

B.    Indikator
o    Melukiskan diagram gaya-gaya yang bekerja pada suatu benda.
o    Menjelaskan pengertian gaya berat dan gaya gesekan, serta contoh aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari.
o    Menjelaskan konsep gaya sentripetal pada gerak melingkar beraturan.

C.    Materi Essensial
Mengenal Berbagai Jenis Gaya                    – lanjutan –
o    Gaya Gesekan (Hlm.180)
o    Gaya Tegangan Tali (Hlm.182)
o    Konsep gaya Sentripetal (Hlm.183)

D.    Media Belajar
o    Buku FISIKA SMA Marthen Kanginan Kelas X Jilid 1A

E.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

  1. Pendahuluan
o    Menagih tugas pertemuan sebelumnya
o    Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan


(5 menit)

  1. Kegiatan Inti
o    Memahami gaya gesekan
o    Mempelajari perbedaan antara gaya gesekan statis dan gaya gesekan kinetis
o    Memahami gaya tegangan tali
o    Memahami konsep gaya sentripetal
o    Memahami hubungan antara percepatan sentripetal dengan gaya sentripetal
                           


(80 menit)

  1. Penutup
o    Memberikan kesimpulan bahwa
-   Gaya gesek termasuk gaya sentuh
-   Tegangan tali adalah gaya tegang yang bekerja pada ujung-ujung tali karena tali itu tegang.


(5 menit)

  1. Pekerjaan Rumah
o   




Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Jakarta,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )

Mata Pelajaran              : FISIKA
Materi Pokok                : Dinamika Partikel
Pertemuan / waktu         : Ketujuh / 2 x 45 menit
Metode                         : Praktek dan mengherjakan soal

A.    Kompetensi Dasar
2.3  Menerapkan Hukum Newton sebagai prinsip dasar dinamika untuk gerak lurus, gerak vertikal, dan gerak melingkar beraturan.

B.    Indikator
o    Melukiskan diagram gaya-gaya yang bekerja pada suatu benda.
o    Menjelaskan konsep gaya sentripetal pada gerak melingkar beraturan.

C.    Materi Essensial
Mengenal Berbagai Jenis Gaya                    – lanjutan –
o    Konsep gaya Sentripetal (Hlm.183)

D.    Media Belajar
o    Buku FISIKA SMA Marthen Kanginan Kelas X Jilid 1A

E.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

  1. Pendahuluan
o    Menagih tugas pertemuan sebelumnya
o    Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan


(5 menit)

  1. Kegiatan Inti
o    Melakukan kegiatan 4.7. Hlm.183
o    Memahami asal dari gaya sentripetal berdasarkan kegiatan 4.7
o    Mempelajari contoh 4.6
o    Mengerjakan uji pemahaman no.9 dan 10. Hlm.185


(80 menit)

  1. Penutup
o    Memberikan kesimpulan bahwa asal gaya sentripetal adalah gaya tegangan tali


(5 menit)

  1. Pekerjaan Rumah
o    -




Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Jakarta,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )













Mata Pelajaran              : FISIKA
Materi Pokok                : Dinamika Partikel
Pertemuan / waktu         : Kedelapan / 2 x 45 menit
Metode                         : Ceramah dan praktek

A.    Kompetensi Dasar
2.3  Menerapkan Hukum Newton sebagai prinsip dasar dinamika untuk gerak lurus, gerak vertikal, dan gerak melingkar beraturan.

B.    Indikator
o    Melakukan analisa kuantitatif untuk persoalan-persoalan dinamika sederhana pada bidang tanpa gesekan.

C.    Materi Essensial
Analisis Kuantitatif Masalah Dinamika Partikel Sederhana
o    Masalah Balok di atas Lantai Licin (Hlm.189)
o    Masalah dua benda yang dihubungkan dengan katrol (Hlm.190)

D.    Media Belajar
o    Buku FISIKA SMA Marthen Kanginan Kelas X Jilid 1A

E.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

  1. Pendahuluan
o    Menagih tugas pertemuan sebelumnya
o    Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan


(5 menit)

  1. Kegiatan Inti
o    Memahami strategi pemecahan masalah
o    Mempelajari masalah balok di atas lantai licin
o    Mempelajari contoh 4.6
o    Mengerjakan uji pemahaman no 11 dan 12 hlm.190
o    Mempelajari masalah dua benda yang dihubungkan dengan katrol
o    Mengerjakan uji pemahaman no 13 hlm.192


(80 menit)

  1. Penutup
o    Memberikan motivasi untuk banyak mengerjakan soal


(5 menit)

  1. Pekerjaan Rumah
o    -




Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Jakarta,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )










Mata Pelajaran              : FISIKA
Materi Pokok                : Dinamika Partikel
Pertemuan / waktu         : Kesembilan / 2 x 45 menit
Metode                         : Ceramah dan praktek

A.    Kompetensi Dasar
2.3  Menerapkan Hukum Newton sebagai prinsip dasar dinamika untuk gerak lurus, gerak vertikal, dan gerak melingkar beraturan.

B.    Indikator
o    Melakukan analisa kuantitatif untuk persoalan-persoalan dinamika sederhana pada bidang tanpa gesekan.

C.    Materi Essensial
Analisis Kuantitatif Masalah Dinamika Partikel Sederhana                  – lanjutan –
o    Masalah Benda yang bergerak pada Bidang Miring Licin (Hlm.192)
o    Mengapa Berat Tubuh di Elevator selalau berubah-ubah. (Hlm.194)

D.    Media Belajar
o    Buku FISIKA SMA Marthen Kanginan Kelas X Jilid 1A
o    Timbangan badan

E.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

  1. Pendahuluan
o    Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan


(5 menit)

  1. Kegiatan Inti
o    Mempelajari masalahb yang bergerak pada Bidang Miring Licin
o    Mempelajari contoh 4.7
o    Mengerjakan uji pemahaman no 14 hlm.193
o    Mempelajari soal SPMB 2005 Hlm. 193
o    Melakukan kegiatan 4.8. Hlm.194 (bila memungkinkan)
o    Mempelajari contoh 4.8
o    Mengerjakan uji pemahaman no.15 Hlm. 196


(80 menit)

  1. Penutup
o    Memberikan motivasi untuk banyak mengerjakan soal


(5 menit)

  1. Pekerjaan Rumah
o    KUIS Hlm. 200




Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Jakarta,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )









Mata Pelajaran              : FISIKA
Materi Pokok                : Dinamika Partikel
Pertemuan / waktu         : Kesepuluh / 2 x 45 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

A.    Kompetensi Dasar
2.3  Menerapkan Hukum Newton sebagai prinsip dasar dinamika untuk gerak lurus, gerak vertikal, dan gerak melingkar beraturan.

B.    Indikator
o    Melakukan analisa kuantitatif untuk persoalan-persoalan dinamika sederhana pada bidang tanpa gesekan.

C.    Materi Essensial
Analisis Kuantitatif Masalah Dinamika Partikel Sederhana                  – lanjutan –
o    Gerak Melingkar pada Bidang Vertikal (Hlm.189)

D.    Media Belajar
o    Buku FISIKA SMA Marthen Kanginan Kelas X Jilid 1A
o    Seutas tali, ember plastik, air

E.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

  1. Pendahuluan
o    Menagih tugas pertemuan sebelumnya
o    Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan


(5 menit)

  1. Kegiatan Inti
o    Mempelajari contoh 4.9
o    Melakukan kegiatan 4.9. Hlm. 202
o    Melakukan kegiatan 4.10. Hlm. 203


(80 menit)

  1. Penutup
o    Memberikan kesimpulan bahwa gerak kereta luncur adalah salah satu contoh gerak benda menempuh lintasan lingkaran vertikal sebelah dalam lingkaran


(5 menit)

  1. Pekerjaan Rumah
o   




Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Jakarta,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )












Mata Pelajaran              : FISIKA
Materi Pokok                : Dinamika Partikel
Pertemuan / waktu         : Kesebelas / 2 x 45 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

A.    Kompetensi Dasar
2.3  Menerapkan Hukum Newton sebagai prinsip dasar dinamika untuk gerak lurus, gerak vertikal, dan gerak melingkar beraturan.

B.    Indikator
o    Melakukan analisa kuantitatif untuk persoalan-persoalan dinamika sederhana pada bidang tanpa gesekan.

C.    Materi Essensial
Analisis Kuantitatif Masalah Dinamika Partikel Sederhana                  – lanjutan –
o    Gerak Melingkar pada Bidang Vertikal (Hlm.189)

D.    Media Belajar
o    Buku FISIKA SMA Marthen Kanginan Kelas X Jilid 1A
o    Seutas tali, ember plastik, air

E.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

  1. Pendahuluan
o    Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan


(5 menit)

  1. Kegiatan Inti
o    Mempelajari contoh 4.10
o    Mengerjakan uji pemahaman no 17 dan 18 Hlm. 204
o    Mempelajari contoh 4.11
o    Mengerjakan uji pemahaman no 19 Hlm. 207
o    Mengerjakan uji pemahaman no 20 Hlm. 209


(80 menit)

  1. Penutup
o    Memberikan kesimpulan bahwa belokan tikungan dirangcang miring dengan sudut kemiringan q tertentu agar mobil yang membelok dengan kelajuan maksimum tertentu tanpa slip walaupun kondisi sirkuit licin


(5 menit)

  1. Pekerjaan Rumah
o   




Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Jakarta,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )










Mata Pelajaran              : FISIKA
Materi Pokok                : Dinamika Partikel
Pertemuan / waktu         : Keduabelas / 2 x 45 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

A.    Kompetensi Dasar
2.3  Menerapkan Hukum Newton sebagai prinsip dasar dinamika untuk gerak lurus, gerak vertikal, dan gerak melingkar beraturan.

B.    Indikator
o    Memberikan contoh penerapan hukum Newton dengan menggunakan berbagai media.
o    Melakukan percobaan yang berhubungan dengan hukum-hukum Newton.
o    Melukiskan diagram gaya-gaya yang bekerja pada suatu benda.
o    Menjelaskan pengertian gaya berat dan gaya gesekan, serta contoh aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari.
o    Menjelaskan konsep gaya sentripetal pada gerak melingkar beraturan.
o    Melakukan analisa kuantitatif untuk persoalan-persoalan dinamika sederhana pada bidang tanpa gesekan.

C.    Materi Essensial
Formulasi Hukum-hukum Newton
Mengenal Berbagai Jenis Gaya
Analisis Kuantitatif Masalah Dinamika Partikel Sederhana

D.    Media Belajar
o    Buku FISIKA SMA Marthen Kanginan Kelas X Jilid 1A
o    Seutas tali, ember plastik, air

E.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

  1. Pendahuluan
o    Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan


(5 menit)

  1. Kegiatan Inti
o    Mengerjakan uji kompetensi bab 4 Hlm. 211


(80 menit)

  1. Penutup
o    Memberikan motivasi untuk banyak mengerjakan soal


(5 menit)

  1. Pekerjaan Rumah
o    uji kompetensi bab 4 Hlm. 211




Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Jakarta,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar