Mata Pelajaran : FISIKA
Materi Pokok : Dinamika Partikel
Pertemuan / waktu : Pertama / 2 x 45 menit
Metode : Ceramah dan diskusi
A. Kompetensi Dasar
2.3 Menerapkan Hukum Newton sebagai prinsip dasar dinamika untuk gerak lurus, gerak vertikal, dan gerak melingkar beraturan.
B. Indikator
o Memberikan contoh penerapan hukum Newton dengan menggunakan berbagai media.
o Melakukan percobaan yang berhubungan dengan hukum-hukum Newton.
C. Materi Essensial
Formulasi Hukum-hukum Newton
o Hukum I Newton (Hlm.156)
D. Media Belajar
o Buku FISIKA SMA Marthen Kanginan Kelas X Jilid 1A
o Sebutir kelereng besar, selembar kertas, meja dengan permukaan kaca
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
1. Pendahuluan o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan | (5 menit) |
2. Kegiatan Inti o Memahami peta konsep dinamika partikel yang di dasarkan pada hukum Newton o Menjawab kemampuan prasyarat o Memahami hukum I Newton o Memahami persamaan matematis hukum I Newton S F = 0 o Melakukan kegiatan 4.1 Hlm. 158 o Melakukan kegiatan 4.2 Hlm. 159 | (80 menit) |
3. Penutup o Memberikan kesimpulan bahwa hukum I Newton S F = 0 berlaku untuk benda diam atau benda bergerak lurus beraturan | (5 menit) |
4. Pekerjaan Rumah o Menjawab kuis Hlm. 160 | |
Mengetahui Kepala Sekolah ( ) | | Jakarta, Guru Mata Pelajaran ( ) |
Mata Pelajaran : FISIKA
Materi Pokok : Dinamika Partikel
Pertemuan / waktu : Kedua / 2 x 45 menit
Metode : Ceramah dan menjawab soal
A. Kompetensi Dasar
2.3 Menerapkan Hukum Newton sebagai prinsip dasar dinamika untuk gerak lurus, gerak vertikal, dan gerak melingkar beraturan.
B. Indikator
o Memberikan contoh penerapan hukum Newton dengan menggunakan berbagai media.
o Melakukan percobaan yang berhubungan dengan hukum-hukum Newton.
C. Materi Essensial
Formulasi Hukum-hukum Newton – lanjutan –
o Hukum II Newton (Hlm.160)
D. Media Belajar
o Buku FISIKA SMA Marthen Kanginan Kelas X Jilid 1A
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan o Mengulang materi pertemuan sebelumnya | (5 menit) |
o Menagih pekerjaan rumah o Memahami hukum II Newton o Memahami persamaan matematis hukum II Newton o Mengetahui satuan SI untuk gaya yaitu 1 N = 1 kg m/s2 o Mempelajari contoh 4.1 o Mengerjakan uji pemahaman no 1 dan 2 Hlm. 162 o Mempelajario contoh 4.2 o Mengerjakan uji pemahaman no 3 dan 4 Hlm. 164 | (80 menit) |
o Memberikan kesimpulan bahwa hukum II Newton | (5 menit) |
o – | |
Mengetahui Kepala Sekolah ( ) | | Jakarta, Guru Mata Pelajaran ( ) |
Mata Pelajaran : FISIKA
Materi Pokok : Dinamika Partikel
Pertemuan / waktu : Ketiga / 4 x 45 menit
Metode : Praktik dan menjawab soal
A. Kompetensi Dasar
2.3 Menerapkan Hukum Newton sebagai prinsip dasar dinamika untuk gerak lurus, gerak vertikal, dan gerak melingkar beraturan.
B. Indikator
o Memberikan contoh penerapan hukum Newton dengan menggunakan berbagai media.
o Melakukan percobaan yang berhubungan dengan hukum-hukum Newton.
C. Materi Essensial
Formulasi Hukum-hukum Newton – lanjutan –
o Hukum III Newton (Hlm.165)
D. Media Belajar
o Buku FISIKA SMA Marthen Kanginan Kelas X Jilid 1A
o Sebuah balon mainan
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan | (5 menit) |
o Memahami hukum III Newton o Memahami persamaan matematis hukum III Newton aksi = reaksi o Memahami aplikasi hukum III Newton pada produk teknologi o Melakukan kegiatan 4.4 Hlm 167 o Mempelajari contoh 4.5 o Mengerjakan uji pemahaman no 5 dan 6 Hlm.170 | (80 menit) |
o Memberikan kesimpulan bahwa untuk setiap aksi maka ada syuatu reaksi yang sama besar tapi berlawanan | (5 menit) |
o Kegiatan 4.5 Hlm.169 | |
Mengetahui Kepala Sekolah ( ) | | Jakarta, Guru Mata Pelajaran ( ) |
Mata Pelajaran : FISIKA
Materi Pokok : Dinamika Partikel
Pertemuan / waktu : Keempat / 4 x 45 menit
Metode : Praktik dan menjawab soal
A. Kompetensi Dasar
2.3 Menerapkan Hukum Newton sebagai prinsip dasar dinamika untuk gerak lurus, gerak vertikal, dan gerak melingkar beraturan.
B. Indikator
o Memberikan contoh penerapan hukum Newton dengan menggunakan berbagai media.
o Melakukan percobaan yang berhubungan dengan hukum-hukum Newton.
C. Materi Essensial
Formulasi Hukum-hukum Newton – lanjutan –
o Hukum III Newton (Hlm.165)
D. Media Belajar
o Buku FISIKA SMA Marthen Kanginan Kelas X Jilid 1A
o Pegas, dua balok kayu, seutas tali
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
o Menagih tugas pertemuan sebelumnya o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan | (5 menit) |
o Melakukan kegiatan 4.6 Hlm.171 o Menjawab pertanyaan diskusi Hlm. 171 o Mempelajari cara kerja sabuk pengaman dan kantung udara | (80 menit) |
o Memberikan kesimpulan bahwa aksi dan reaksi dapat saling meniadakan | (5 menit) |
o Mempelajari materi Bab 2. mengenal berbagai jenis gaya | |
Mengetahui Kepala Sekolah ( ) | | Jakarta, Guru Mata Pelajaran ( ) |
Mata Pelajaran : FISIKA
Materi Pokok : Dinamika Partikel
Pertemuan / waktu : Kelima / 2 x 45 menit
Metode : Ceramah dan praktek
A. Kompetensi Dasar
2.3 Menerapkan Hukum Newton sebagai prinsip dasar dinamika untuk gerak lurus, gerak vertikal, dan gerak melingkar beraturan.
B. Indikator
o Melukiskan diagram gaya-gaya yang bekerja pada suatu benda.
o Menjelaskan pengertian gaya berat dan gaya gesekan, serta contoh aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari.
C. Materi Essensial
Mengenal Berbagai Jenis Gaya
o Gaya Berat (Hlm.175)
o Gaya Normal (Hlm.178)
D. Media Belajar
o Buku FISIKA SMA Marthen Kanginan Kelas X Jilid 1A
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
o Menagih tugas pertemuan sebelumnya o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan | (5 menit) |
o Memahami peta konsep dinamika partikel yang didasarkan pada gerak dan aspek penyebabnya o Memahami gaya berat o Memahami hubungan antara berat dan massa menggunakan hukum II Newton S F = ma w = mg o Mempelajari contoh 4.4 o Mengerjakan uji pemahaman no.7 Hlm. 178 o Memahami gaya normal o Mempelajari contoh 4.5 o Mengerjakan uji pemahaman no.8 Hlm. 180 | (80 menit) |
o Memberikan kesimpulan - Gaya berat adalah gaya gravitasi bumi yang bekerja pada suatu benda - Gaya normal adalah gaya sentuh yang arahnya selalu tegak lurus pada bidang sentuh. | (5 menit) |
o – | |
Mengetahui Kepala Sekolah ( ) | | Jakarta, Guru Mata Pelajaran ( ) |
Mata Pelajaran : FISIKA
Materi Pokok : Dinamika Partikel
Pertemuan / waktu : Keenam / 2 x 45 menit
Metode : Ceramah dan praktek
A. Kompetensi Dasar
2.3 Menerapkan Hukum Newton sebagai prinsip dasar dinamika untuk gerak lurus, gerak vertikal, dan gerak melingkar beraturan.
B. Indikator
o Melukiskan diagram gaya-gaya yang bekerja pada suatu benda.
o Menjelaskan pengertian gaya berat dan gaya gesekan, serta contoh aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari.
o Menjelaskan konsep gaya sentripetal pada gerak melingkar beraturan.
C. Materi Essensial
Mengenal Berbagai Jenis Gaya – lanjutan –
o Gaya Gesekan (Hlm.180)
o Gaya Tegangan Tali (Hlm.182)
o Konsep gaya Sentripetal (Hlm.183)
D. Media Belajar
o Buku FISIKA SMA Marthen Kanginan Kelas X Jilid 1A
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
o Menagih tugas pertemuan sebelumnya o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan | (5 menit) |
o Memahami gaya gesekan o Mempelajari perbedaan antara gaya gesekan statis dan gaya gesekan kinetis o Memahami gaya tegangan tali o Memahami konsep gaya sentripetal o Memahami hubungan antara percepatan sentripetal dengan gaya sentripetal | (80 menit) |
o Memberikan kesimpulan bahwa - Gaya gesek termasuk gaya sentuh - Tegangan tali adalah gaya tegang yang bekerja pada ujung-ujung tali karena tali itu tegang. | (5 menit) |
o – | |
Mengetahui Kepala Sekolah ( ) | | Jakarta, Guru Mata Pelajaran ( ) |
Mata Pelajaran : FISIKA
Materi Pokok : Dinamika Partikel
Pertemuan / waktu : Ketujuh / 2 x 45 menit
Metode : Praktek dan mengherjakan soal
A. Kompetensi Dasar
2.3 Menerapkan Hukum Newton sebagai prinsip dasar dinamika untuk gerak lurus, gerak vertikal, dan gerak melingkar beraturan.
B. Indikator
o Melukiskan diagram gaya-gaya yang bekerja pada suatu benda.
o Menjelaskan konsep gaya sentripetal pada gerak melingkar beraturan.
C. Materi Essensial
Mengenal Berbagai Jenis Gaya – lanjutan –
o Konsep gaya Sentripetal (Hlm.183)
D. Media Belajar
o Buku FISIKA SMA Marthen Kanginan Kelas X Jilid 1A
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
o Menagih tugas pertemuan sebelumnya o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan | (5 menit) |
o Melakukan kegiatan 4.7. Hlm.183 o Memahami asal dari gaya sentripetal berdasarkan kegiatan 4.7 o Mempelajari contoh 4.6 o Mengerjakan uji pemahaman no.9 dan 10. Hlm.185 | (80 menit) |
o Memberikan kesimpulan bahwa asal gaya sentripetal adalah gaya tegangan tali | (5 menit) |
o - | |
Mengetahui Kepala Sekolah ( ) | | Jakarta, Guru Mata Pelajaran ( ) |
Mata Pelajaran : FISIKA
Materi Pokok : Dinamika Partikel
Pertemuan / waktu : Kedelapan / 2 x 45 menit
Metode : Ceramah dan praktek
A. Kompetensi Dasar
2.3 Menerapkan Hukum Newton sebagai prinsip dasar dinamika untuk gerak lurus, gerak vertikal, dan gerak melingkar beraturan.
B. Indikator
o Melakukan analisa kuantitatif untuk persoalan-persoalan dinamika sederhana pada bidang tanpa gesekan.
C. Materi Essensial
Analisis Kuantitatif Masalah Dinamika Partikel Sederhana
o Masalah Balok di atas Lantai Licin (Hlm.189)
o Masalah dua benda yang dihubungkan dengan katrol (Hlm.190)
D. Media Belajar
o Buku FISIKA SMA Marthen Kanginan Kelas X Jilid 1A
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
o Menagih tugas pertemuan sebelumnya o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan | (5 menit) |
o Memahami strategi pemecahan masalah o Mempelajari masalah balok di atas lantai licin o Mempelajari contoh 4.6 o Mengerjakan uji pemahaman no 11 dan 12 hlm.190 o Mempelajari masalah dua benda yang dihubungkan dengan katrol o Mengerjakan uji pemahaman no 13 hlm.192 | (80 menit) |
o Memberikan motivasi untuk banyak mengerjakan soal | (5 menit) |
o - | |
Mengetahui Kepala Sekolah ( ) | | Jakarta, Guru Mata Pelajaran ( ) |
Mata Pelajaran : FISIKA
Materi Pokok : Dinamika Partikel
Pertemuan / waktu : Kesembilan / 2 x 45 menit
Metode : Ceramah dan praktek
A. Kompetensi Dasar
2.3 Menerapkan Hukum Newton sebagai prinsip dasar dinamika untuk gerak lurus, gerak vertikal, dan gerak melingkar beraturan.
B. Indikator
o Melakukan analisa kuantitatif untuk persoalan-persoalan dinamika sederhana pada bidang tanpa gesekan.
C. Materi Essensial
Analisis Kuantitatif Masalah Dinamika Partikel Sederhana – lanjutan –
o Masalah Benda yang bergerak pada Bidang Miring Licin (Hlm.192)
o Mengapa Berat Tubuh di Elevator selalau berubah-ubah. (Hlm.194)
D. Media Belajar
o Buku FISIKA SMA Marthen Kanginan Kelas X Jilid 1A
o Timbangan badan
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan | (5 menit) |
o Mempelajari masalahb yang bergerak pada Bidang Miring Licin o Mempelajari contoh 4.7 o Mengerjakan uji pemahaman no 14 hlm.193 o Mempelajari soal SPMB 2005 Hlm. 193 o Melakukan kegiatan 4.8. Hlm.194 (bila memungkinkan) o Mempelajari contoh 4.8 o Mengerjakan uji pemahaman no.15 Hlm. 196 | (80 menit) |
o Memberikan motivasi untuk banyak mengerjakan soal | (5 menit) |
o KUIS Hlm. 200 | |
Mengetahui Kepala Sekolah ( ) | | Jakarta, Guru Mata Pelajaran ( ) |
Mata Pelajaran : FISIKA
Materi Pokok : Dinamika Partikel
Pertemuan / waktu : Kesepuluh / 2 x 45 menit
Metode : Ceramah dan mengerjakan soal
A. Kompetensi Dasar
2.3 Menerapkan Hukum Newton sebagai prinsip dasar dinamika untuk gerak lurus, gerak vertikal, dan gerak melingkar beraturan.
B. Indikator
o Melakukan analisa kuantitatif untuk persoalan-persoalan dinamika sederhana pada bidang tanpa gesekan.
C. Materi Essensial
Analisis Kuantitatif Masalah Dinamika Partikel Sederhana – lanjutan –
o Gerak Melingkar pada Bidang Vertikal (Hlm.189)
D. Media Belajar
o Buku FISIKA SMA Marthen Kanginan Kelas X Jilid 1A
o Seutas tali, ember plastik, air
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
o Menagih tugas pertemuan sebelumnya o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan | (5 menit) |
o Mempelajari contoh 4.9 o Melakukan kegiatan 4.9. Hlm. 202 o Melakukan kegiatan 4.10. Hlm. 203 | (80 menit) |
o Memberikan kesimpulan bahwa gerak kereta luncur adalah salah satu contoh gerak benda menempuh lintasan lingkaran vertikal sebelah dalam lingkaran | (5 menit) |
o – | |
Mengetahui Kepala Sekolah ( ) | | Jakarta, Guru Mata Pelajaran ( ) |
Mata Pelajaran : FISIKA
Materi Pokok : Dinamika Partikel
Pertemuan / waktu : Kesebelas / 2 x 45 menit
Metode : Ceramah dan mengerjakan soal
A. Kompetensi Dasar
2.3 Menerapkan Hukum Newton sebagai prinsip dasar dinamika untuk gerak lurus, gerak vertikal, dan gerak melingkar beraturan.
B. Indikator
o Melakukan analisa kuantitatif untuk persoalan-persoalan dinamika sederhana pada bidang tanpa gesekan.
C. Materi Essensial
Analisis Kuantitatif Masalah Dinamika Partikel Sederhana – lanjutan –
o Gerak Melingkar pada Bidang Vertikal (Hlm.189)
D. Media Belajar
o Buku FISIKA SMA Marthen Kanginan Kelas X Jilid 1A
o Seutas tali, ember plastik, air
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan | (5 menit) |
o Mempelajari contoh 4.10 o Mengerjakan uji pemahaman no 17 dan 18 Hlm. 204 o Mempelajari contoh 4.11 o Mengerjakan uji pemahaman no 19 Hlm. 207 o Mengerjakan uji pemahaman no 20 Hlm. 209 | (80 menit) |
o Memberikan kesimpulan bahwa belokan tikungan dirangcang miring dengan sudut kemiringan q tertentu agar mobil yang membelok dengan kelajuan maksimum tertentu tanpa slip walaupun kondisi sirkuit licin | (5 menit) |
o – | |
Mengetahui Kepala Sekolah ( ) | | Jakarta, Guru Mata Pelajaran ( ) |
Mata Pelajaran : FISIKA
Materi Pokok : Dinamika Partikel
Pertemuan / waktu : Keduabelas / 2 x 45 menit
Metode : Ceramah dan mengerjakan soal
A. Kompetensi Dasar
2.3 Menerapkan Hukum Newton sebagai prinsip dasar dinamika untuk gerak lurus, gerak vertikal, dan gerak melingkar beraturan.
B. Indikator
o Memberikan contoh penerapan hukum Newton dengan menggunakan berbagai media.
o Melakukan percobaan yang berhubungan dengan hukum-hukum Newton.
o Melukiskan diagram gaya-gaya yang bekerja pada suatu benda.
o Menjelaskan pengertian gaya berat dan gaya gesekan, serta contoh aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari.
o Menjelaskan konsep gaya sentripetal pada gerak melingkar beraturan.
o Melakukan analisa kuantitatif untuk persoalan-persoalan dinamika sederhana pada bidang tanpa gesekan.
C. Materi Essensial
Formulasi Hukum-hukum Newton
Mengenal Berbagai Jenis Gaya
Analisis Kuantitatif Masalah Dinamika Partikel Sederhana
D. Media Belajar
o Buku FISIKA SMA Marthen Kanginan Kelas X Jilid 1A
o Seutas tali, ember plastik, air
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan | (5 menit) |
o Mengerjakan uji kompetensi bab 4 Hlm. 211 | (80 menit) |
o Memberikan motivasi untuk banyak mengerjakan soal | (5 menit) |
o uji kompetensi bab 4 Hlm. 211 | |
Mengetahui Kepala Sekolah ( ) | | Jakarta, Guru Mata Pelajaran ( ) |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar